Reset Pengguna Dapodik PAUD v3.3.0 atau v3.3.2

Assalamualaikum, wr.wb.
Salam sejahtera buat para tutor, guru, kepala sekolah maupun para operator Dapodik PAUD dimanapun berada. Pada kesempatan ini admin akan berbagi sedikit pengalaman terkait dengan aplikasi dapodik PAUD terbaru 2018/2019 yaitu versi 3.3.0 atau vesi terbaru 3.3.2. Mungkin sebagian rekan-rekan operator dapodik pernah mengalami kejadian seperti tampak pada gambar disamping. Sedikit agak pusing dan menjengkelkan tentunya, dan demikian pula yang pernah admin alami. Boro boro bisa entry data untuk registrasi ulangpun gagal terus, alhasil ya tentunya tidak bisa membuka aplikasi dapodik. 
Namun sebelum kita belajar bersama untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada baiknya kita bahas dahulu kenapa ko bisa terjadi permasalahan tersebut....
Kegagalan registrasi ulang ppada aplikasi Dapodik PAUD v3.3.0 atau v3.3.2 disebabkan karena database pada aplikasi dapodik hanya menerima satu akun pengguna dan satu id komputer. Oleh karenanya apabila sebelumnya rekan-rekan sudah berhasil registrasi tetapi karena sesuatu hal kemudian aplikasi dapodik tersebut di uninstall karena habis instal ulang windows atau instal dapodik versi terbaru, maka dapodik tidak bisa registrasi ulang, akan muncul pemberitahuan "mengirim data registrasi gagal ( gagal registrasi : lembaga ini sudah melakukan registrasi ditempat lain, atau silahkan reset pengguna dengan menghubungi dinas setempat)". Kebayang kan jika kita harus ke Dinas P dan K Kabupaten hanya untuk sekedar reset pengguna, jarak jauh dan perlu biaya transport yang lumayan, padahal sebenarnya kita bisa reset pengguna sendiri....
Pesan error "mengirim data registrasi gagal ( gagal registrasi : lembaga ini sudah melakukan registrasi ditempat lain, atau silahkan reset pengguna dengan menghubungi dinas setempat)" bisa disebabkan karena habis ulang windows pada laptop atau komputer, atau bisa juga karena instal ulang dapodik versi terbaru, atau bisa juga karena registrasi menggunakan komputer/laptop berbeda. Cara mengatasinya harus reset pengguna, ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka halaman manajemen dan login satuan pendidikan dengan akun dapodik
- Reset pengguna dengan memilih / klik tanda silang merah ( NB : Jangan berani-berani atau sampai salah memilih / klik tanda silang merah pada kode registrasi karena akibatnya akan fatal, apabila terlanjur admin tidak bertanggungjawab). Lihat gambar dibawah ini  :
- Pilih hapus untuk menghapus pengguna, kemudian isi formulir yang ada untuk membuat akun pengguna baru. Lihat gambar dibawah ini :


Lihat Video dibawah ini  :

Post a Comment for "Reset Pengguna Dapodik PAUD v3.3.0 atau v3.3.2"