Manfaat Buah & Daun Kersen

Pohon kersen tak hanya bemanfaat sebagai peneduh, tapi buah dan daunnya juga berguna untuk kesehatan. Pohon ini berasal dari Amerika latin dan akhirnya menyebarkan ke asia tenggara termasuk Malaysia, Philipina, dan Indonesia. Dalam istilah ilmiah pohon ini disebut dengan Muntingiacalabura dari suku  Muntingiaceae. Nama kersen sendiri berasal dar bahasa belanda yaitu Kers. Sedangkan orang Malaysia menyebutnya ceri kampong dan Jakarta menyebutnya ceri atau talok.
Tumbuhan ini mudah tumbuh dimana saja termasuk di atas tanah kering yang tidak gembur dan tanpa perawatan khusus. Karena mudah tumbuh dimana saja di kawasan Indonesia, orang belanda menyebutnya ceri asli Indonesia. Tumbuhan kersen ini bisa mencapai tinggi sampai 12 meter daunnya berbentuk bulat telur dengan panjang 2,5 - 15 cm lebar 1 - 6,5 cm, dengan tepi daun bergerigi, ujung runcing dan struktur berseling. Warna daun hijau muda dengan bulu rapat pada bagian bawah daun. Bunga berwarna putih dan akan menghasilkan buah berukuran kecil, yaitu 1 — 1,5 cm dan berwarna merah. Didalam buah terdapat banyak biji kecil berukuran 0,5 mm berwarna kuning, biasanya di sebarkan oleh burung atau kelelawar. Berikut beberapa manfaat dari buah dan daun kersen :

Menurunkan Kadar Gula
Penggunaan daun kersen untuk menurunkan kadar gula pada penderita diabetes sudah dilakukan sejak lama. pengolahannya sederhana, dengan merebus beberapa daun dan meminumnya. Beberapa ilmuwan yang meneliti daun kersen, mengetahui jika daun mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid. Dalam perkembanganya, para ilmuwan melakukan percobaan menggunakan mencit (tikus kecil, ). Hasilnya menunjukan penurunan kadar gula darah, yang di mungkinkan oleh keija senyawa golongan flavonoid. Dikatakan oleh para peneliti tersebut, senyawa golongan flavonoid bekerja sebagai antioksidan yang meperbaiki sel beta pulau langerhans, sehingga bisa menskresi hormon insulin yang di perlukan untuk metabolisme gula.

Melindungi Otot Jantung
Rasa daun kersen memang tak semanis buahnya. Meskipun pahit, daun kersen memiliki khasiat untuk melindungi fungsi ototjantung. Sebuah penelitian telah membuktikan kerja aktif kandungan daun kersen dalam melindungi fungsi ototjantung. Kali ini para peneliti menggunakan tikus sebagal hewan untuk percobaan. Beberapa tikus di ben obat yang bisa melukai dinding otot jantungnya. Selanjutnya, tikus di bagi dua kelompok. Kelompok pertama tidak diberi sari daun kersen, sedangkan kelompok kedua diberi sari daun kersen dengan dosis yang makin tinggi. Hasil dari kelompok pertama menunjukan adanya kenaikan beberapa enzim penanda dalam serum darah, yang membuktikan terjadinya kebocoran pada selaput otot jantung tikus percobaan. Sementara kelompok kedua yang sebelumnya sudah diberi san daun kersen dalam air, tidak mengalami kenaikan enzim penanda kebocoran. Hasil percobaan itu jelas membuktikan bahwa senyawa kandungan ekstrak daun kersen mampu bekerja dan melindungi selaput membran ototjantung dan obat yang merusaknya. Jadi, minum rebusan daun kersen baik untuk melindungi fungsi jantung dan kemungkmnan kerusakan akibat racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun sayang, hingga saat mi belum ada penelitian yang menyebutkan tentang dosis dan aturan pakai daun kersen untuk melindungi selaput membran ototjantung. Terlepas dan itu, tak ada salahnya jika kita melindungi ototjantung dengan minum secara teratur ramuan dan daun kersen sebelum sakit.

Penghilang Rasa Sakit
Khasiat daun kersen sebagai penurun rasa sakitjuga menarik perhatian penelitian dan berbagai perguruan tinggi. Sebuah penelitian menggunakan ekstrak metanol daun dilakukan dengan bantuan hewan percobaan tikus, dimana terbukti ekstrak tersebut mampu menurunkan nilal ambang rasa sakit. Dengan demikian landasan ilmiah bagi pemakaian daun sebagai penghilang rasa sakit dalam pengobatan rakyat dapat di tegakkan dalam waktu tidak lama lagi.

Sirup
Selain diambil daunnya, buah kersen temyata juga bisa di gunakan untuk bahan bahan dasar sirup. Buah kersen mengandung protein, lemak, karbohicirat, vitamin C, karoten, vitamin B, mineral kalsium. Kandungan vitamin C dan mineral kalsium dalam buah ketsen temyata cukup tinggi, sehingga balk sebagai sumber makanan bergizi. Dengan demikian, buah kersen bermanfaat menjaga kesehatan bila dikonsumsi secara teratur. Sebagai variasi, cobalah membuat sendiri sirup bah kersen. Cara yang paling mudah adalah dengan menghancurkan buah untuk memisahkan kulitnya, dan selanjutnya mengumpulkan isi buah dan mengencerkannya dengan air secukupnya. Tambahkan gula pasir 60-70% dan total campu ran (60 gram gula dalam 100 ml campunan ). Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai gula larut. Untuk men ingkatkan nasa, dapat ditambahkan kayu manis. Selajutnya sirup disimpan di dalam botol yang bensih dan kering.

1 comment for "Manfaat Buah & Daun Kersen"

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan dapat menjadikan referensi saya. makasih ya

    http://www.gatyaonline.com

    ReplyDelete