Cegah Stres Sedini Mungkin

Masalah yang menumpuk, pekerjaan penuh tekanan, atau putus cinta, tanpa disadari dapat menyebabkan efekjangka panjang pada tubuh dan jiwa kita. Apalagi kalau bukan stres. Perasaan stres seringkali menjadi musuh dalam selimut. Perasaan itu datang tiba-tiba dan sering sulit dikendalikan. Tetapi bila tidak stres dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit di kemudian. Beberapa yang banyak diidap orang adalah penyakit jantung, darah tinggi, dan stroke. Ibarat sedia payung sebelum hujan, sangat baik kita menghindari stres dengan cara sebagai berikut :
• Energi Positif
Keluarkan energy positif dalam din anda dengan selalu berpikiran positif dan optimis dalam menghadapi setiap masalah. Sadarlah bahwa di setiap masalah pasti ada jalan ke luar. Selain itu jangan bersikap terlalu keras pada din sendiri. Ketahuilah bahwa setiap rencana yang telah dibuat belum tentu pasti dapat tercapai karena adanya halangan. Bersikaplah lebih fleksibel sehingga anda pun dapat lebih menikmati hidup.
• Kendalikan Emosi
Cara tennudah untuk mengendalikan emosi adalah dengan minum air putih yang banyak saat di ambang kemarahan. Air putih dapat menenangkan emosi dan membantu untuk berpikiran lebih jernih. Emosi berlebihan yang tidak perlu justru dapat menjadi pemicu stres. Bersikaplah lebih sabar dan berpikir lebih luas agar dapat memahami setiap masalah dengan jernih.
• Rehat Sejenak
Luangkan waktu sedikit untuk beristirahat. Gunakanlah akhir pekan dengan baik dan maksimal untuk memanj akan din sendiri dan keluar dan rutinitas. Kumpul bersama keluarga atau teman-teman dapat menjadi cara terbaik untuk menumbuhkan energy positif dan semangat baru.
• Menjaga Kesehatan
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Maka, jagalah kesehatan tubuh anda dengan benolahraga teratur, tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi seimbang. Olah tubuh dapat merangsang keluarnya endorphine, yaitu zat yang membuat tubuh terasa nyaman, sehingga orang yang berolahraga teratur biasanya tampak sehat dan bahagia. Olah raga teratur itu pun harus didukung dengan pola makan dan istirahat yang baik.
• Terbuka
Jangan pendam masalah anda sendirian. Seperti ada pepatah yang mengatakan, that’s what friends are for. Dengan berbagi cerita setidaknya beban terasa lebih ningan dan tidak mengendap terus dalam pikiran.
• Tingkatkan Rasa Humor Secara Klinis
Humor dapat digunakan untuk mengatasi rasa stres. Sekarang ini di Indonesia sudah muncul kelompokk elompok yang melakukan terapi tertawa. Biasanya dilakukan oleh sekelompok orang minimal 5 orang selama 5 sampai 10 menit. Humor perlu dilakukan agar syaraf tidak terlalu tegang dan tubuh mendapat relaksasi walau sej enak.

Post a Comment for "Cegah Stres Sedini Mungkin"